Jumat, 20 Januari 2012



     Seiring dengan bertambah banyaknya jenis penyakit yg mendera manusia dewasa ini, perbincangan mengenai pengobatan cukup menarik untuk disimak.  Sakit merupakan kondisi alamiah yanng acapkali menghinggapi kehidupan manusia. Sakit seakan menjadi sunnatullah yang tiada tertolak. Ketika Allah menghendaki si Fulan sakit misalnya, maka itu akan menjadi takdir Allah yang pasti akan terjadi.  Tidak muslimin, tidak kafir, tidak tua atau muda, yang kaya maupun yang miskin, dan juga terpelajar atau orang awam, semuanya tentu akan pernah mengalami sakit, dan ia haus memiliki kesiapan jiwa untuk menyambut kehadiran 'tamu agung' itu.
     Dewasa ini banyak kita jumpai pengobatan pengobatan alternatif (ath-thibb al-badil), diluar pengobatan media kimiawi yang saat ini sering terbentur oleh kebuntuan solusi dalam menghadapi munculnya jenis-jenis penyakit yang semakin variatif dan semakin aneh-aneh.  Kita akan membahas masalah pengobatan yang ilahiyyah, yang berdasarkan penelitian dan penglaman empiris manusia, ternyata bisa menjadi solusi ajaib untuk mengatasi bercokolnya penyakit dalam tubuh manusia, ketika pengobatan media sudah 'angkat tangan'
     'Sedekah', sebuah amaliah ibadah yang kurang 'diminati' oleh mayoritas kaum muslimin karena terkesan menyebabkan berkurangnya harta, ternyata memiliki khasiat dan kekuatan yang amat dahsyat.  Salah satu khasiat sedekah yang telah direkomendasikan oleh hadist Rasulallah saw adalah mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik fisik maupun psikis yang mendera kehidupan manusia. Rasul bersabda "Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah" (HR. Baihaqi).  Dunia kedokteran tentu akan terbelalak saat memotret fenomena kesembuhan yang ajaib dengan sedekah ini.  Subhanallah, sedekah memang ajaib.
     Wahai saudaraku yang sedang terbaring sakit, saat ini hanya tinggal satu langkah paling vital yang harus anda tempuh, yakni bersedekalah dengan meniatkan untuk kesembuhan penyakit anda. Tetapi sesungguhnya bersedekah yang paling utama adalah disaat tubuh kita sedang sehat, bukan tatkala tubuh ini melemah karena digerogoti penyakit.  Untuk itu, sekarang bersedekalah! Kepada siapa kita bersedekah? Bisa kepada anak yatim, fakir miskin, dan orang-orang yang membutuhkan lainnya, bahkan kepada binatang yang mungkin kelaparan.  Bersedekah kepada orang miskin yang sangat sangat fakir, dan dia adalah prang shalih dan bertakwa juga termasuk sedekah utama.
     Namun,kita tentu tidak bisa menolak tatkala disebabkan sakit yang kita derita, Allah berkehendak untuk mencabut nyawa kita.  Kita memang tidak bisa melepaskan diri dari cengkeraman maut, apabila ia telah ditakdirkan segera datang, seperti firman Allah SWT "Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya)." 9Yunus[10] : 49)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar