Rabu, 30 Januari 2013

PANCING REZEKIMU DENGAN SEDEKAH

Apa itu sedekah?
Sedekah -> Sodaqoh -> Sidiq -> Benar -> Right -> Kanan
Sedekah itu berasal dari bahasa arab “sodaqoh” , dan asal kata “sodaqoh” berasal dari “sidiq”,”sidiq” sendiri memiliki makna “Benar”, “Benar” dalam bahasa inggris “Right”, “Right” juga memiliki makna “Kanan”
Yaph betul, gunakan otak kanan untuk sedekah .Kalo mau sedekah jangan banyak mikir, analisis , pemikirian ini dan itu (Otak Kiri) yang ujung-ujungnya malah gak jadi sedekah :D
sedikit tentang otak kiri, “Kiri” –> “Left” –> “Ketinggalan”
yang kiri emang selalu ketinggalan karena kebanyakan mikir dan nimbang ini dan itu :LOL:
“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS Al-Baqarah 267)”
Sedekah haruskah ikhlas?
Semua ibadah harus dilaksanakan dengan Ikhlas, Ikhlas itu butuh proses. Sedekah kagak harus ikhlas , yang penting banyak dulu. Pengertian banyak itu prosentase (10-100% pendapatan). Ikhlas itu perlu di latih, seperti halnya Khusyuk, Sholat itu harus khusyuk, kalo gak khusyuk apa gak sah? tetep sah
Khusyuk dalam sholat perlu dilatih dengan seringnya mengulang dan mengulang sholat. Sama seperti kita sewaktu kecil dipaksa untuk berpuasa oleh orang tua. Tidak ikhlas awalnya. Tapi kemudian karena dilakukan terus menerus, lama-lama jadi ikhlas juga kan menjalankan kewajiban ibadah puasa.Sedekah yang banyak-banyak dulu, ntar juga ikhlasnya bakal nyusul kok, YAKIN :D
Pertama sedekah selembar 100rb-an emang berat, kepikiran terus, sampai kebawa mimpi,hehehe…
api ntar sedekah kedua 100rb-an , insyaAllah bibit-bibit ikhlas mulai muncul, dan sedekah2 selanjutnya bakalan ikhlas mulai nempel :D
Sedekah yang penting banyak dulu, kalaupun gak ikhlas tapi bermanfaat besar bagi orang lain.
Jangan berdalih “ikhlas” buat ngeluarin sedekah recehan :D
Sedekah mempunyai makna untuk meringankan, kalo sedekahnya recehan , itu malah memberatkan, hahaha :LOL:
Sedekah sambil berharap?
Yaph sangat-sangat dibolehkan, asalkan berharapnya hanya kepada Allah SWT , bukan kepada manusia. Itu adalah salah satu tanda keimanan seseorang.
Ust.Yusuf Mansyur mengatakan, Sedekah tanpa Berharap , mendapatkan 1 pahala yaitu pahala sedekah.Sedekah dengan Berharap , mendapatkan dua pahala, pahala sedekah dan pahala berharap tersebut.
Sedekah terang-terangan?
Para sahabat terdahulu pernah mencontohkan melakukan sedekah terang-terangan ,tujuannya untuk memberikan contoh kepada yang lain agar ikut bersedekah
“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Baqarah 271)”
Sedekah terang-terangan oke, diam-diam juga oke
yang gak oke, diam-diam gak sedekah , apalagi terang-terangan gak sedekah :LOL:
Ajaran Pemerintah RI?
Pemerintah RI pun ternyata berdakwah melalui jalur yang hebat,
Pemerintah sudah memikirkan hal tentang sedekah, pemerintah berdakwah dengan mencontohkan sedekah dari desain matauang Indonesia, berikut ulasannya :
Mata uang yang pantas disedekahkan bukanlah yang membawa golok seperti ini :

masa’ buat Allah ta’ala dikasih golok , gak sopan xDyang bawa golok pantesnya di bawa kepasar atau ke toilet umum,
kemudian bukan pula mata uang yang terbuka auratnya seperti berikut :

nah yang pantas yang kayak apa?
Yang pantas itu yang menggunakan peci :

Yang paling afdhol adalah yang berjamaah :

Nabi bersabda, “Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.” Sedangkan Sahabat Ali R.A berkata, “Pancing rezekimu dengan sedekah.”
Filosofi orang memancing, apa iya kalo mau memancing ikan paus umpannya hanya nasi saja? Tentunya kalo ingin memancing ikan yang besar diperlukan umpan yang besar pulsa.Begitu pula dalam rezeki, mau memancing rezeki yang besar, ya lewatnya umpan (sedekah) yang besar pula.
Sedekah recehan , baliknya juga recehan , hehehe :LOL:
Fakta tentang sedekah ?
Sedekah itu menyehatkan,Menurut ilmu kesehatan, ketika kita bersedekah maka akan meningkatkan endorfin dalam tubuh, menambah energi positif dan mengurangi energi negatif. sehingga sedekah itu menyehatkan.
Rasul bersabda “Obatilah orang sakit di antara kalian dengan bersedekah.“ (HR.Baihaqi).
Balasan sedekah?
Sedekah Yakin 100% pasti dibalas oleh Allah Ta’ala minimal 10x lipat, bahkan 100x lipat dan bahkan 700x lipat.
“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS Al-Baqarah 245)”
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(QS Al-Baqarah 261)”
Kuncinya adalah Yakin –> Iman
Silahkan buktikan sendiri
Semoga tulisan ini menginspirasi saya sendiri secara khususnya, dan buat para pembaca secara umumnya untuk lebih banyak dan lebih ikhlas dalam bersedekah
Terimakasih banyak kepada Ust.Yusuf Mansyur (Master of Sedekah) dan pakar otak kanan Mas Ippho Right Santosa
Follow twitter beliau : @Yusuf_Mansur dan @ipphoright
Tulisan ini dibuat untuk saling mengingatkan untuk berbuat kebaikan
silahkan perluas link ini, atau copas tulisan ini untuk mengingatkan ke teman-teman yang lainnya,
“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar. (QS An-Nisa 114)”
Rassul SAW bersabda “Memberi sedekah, menganjurkan kebaikan, berbaktti kepada orang tua, dan silaturrahmi dapat mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan,menambah berkah umur, dan menolak kejahatan“ (HR.Abu Na’im).
ada lagi sebuah riwayat mengenai sedekah ”
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : seorang lelaki menemui Nabi Muhammad Saw dan bertanya, “ya Rasulullah Saw, sedekah apakah yang paling utama?” Nabi Muhammad Saw menjawab, “sedekah yang kau berikan ketika kau dalam keadaan sehat, kikir dan takut terhadap kemiskinan dan menginginkan kekayaan. Janganlah menunggu sampai dekatnya saat kematian dengan mengatakan, ‘untuk si fulan sekian, dan untuk si fulan sekian, dan harta tersebut telah menjadi milik ahli warisnya’”. ”
So tunggu apa lagi?
Sedekah tak akan mengurangi rezeki kita, sebaliknya ialah pintu rezeki yang sebenarnya :)
Selamat bersedekah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar